Sabtu, 16 Juni 2012

JANJI PERBAIKAN PELAYANAN PUSKESMAS BASO

JANJI PERBAIKAN PELAYANAN

Masyarakat pengguna pelayanan Puskesmas Baso yang terhormat, selama “Survey Pengaduan Masyarakat” yang dilaksanakan dari tanggal 2 April s/d 14 April 2012 masyarakat Kabupaten Agam berpartisipasi mengisi dan mengembalikan kuesioner yang disebarkan. Jawaban masyarakat yang masuk telah kami olah dengan mengurutkan pengaduan-pengaduan mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah. Hasil rekapitulasi survey pengaduan tersebut dapat dilihat pada Tabel Rekapitulasi Hasil Survey Pengaduan Masyarakat.

Bertitik tolak dari Tabel Rekapitulasi Hasil Survey Pengaduan Masyarakat tersebut kami melihat persoalan tersebut lebih kurang sama dengan keluhan yang ada di Puskesmas Baso, sehingga kami berkesimpulan hal-hal yang sangat perlu ditanggapi untuk dilakukan perbaikan pelayanan secepatnya dan kami berjanji untuk memperbaiki pelayanan yang terkait dengan masing-masung pengaduan tersebut, yaitu dengan upaya-upaya sebagai berikut:

1.      Untuk pengaduan tentang “Pengamanan terhadap Puskesmas kurang”, kami berjanji akan:
1.1.Mengoptimalkan tenaga yang ada
1.2.Memperbantukan sopir untuk jaga sampai jam 14.30 wib
1.3.Usulan penambahan tenaga satpam ke Dinas Kesehatan
2.      Untuk masalah “Tidak adanya sarana air bersih di kamar mandi pasien rawat inap”, kami berjanji akan:
2.1.Mengisi penuh bak penampungan di saat air pam hidup
2.2.Membuat saluran air dari bak penampungan besar ke bak yang ada di kamar
            3.   Untuk pengaduan tentang “Petugas loket sering terlambat”, kami berjanji akan:
       3.1. Mendisiplinkan petugas loket
       3.2. Memberikan teguran disiplin sesuai aturan yang berlaku
       3.3. Tidak memberikan tugas rangkap kepada petugas loket
4.    Untuk pengaduan tentang”Antrian di apotik terlalu lama”, kami berjanji akan:
4.1. Menjelaskan kepada pasien untuk sabar menunggu disaat terjadinya
       penumpukkan
       4.2. Memperbantukan petugas lain dihari-hari ramai atau bila terjadi penumpukkan
 pasien

Kami mohon maaf belum mampu menanggapi semua pengaduan (keluhan) yang kami terima. Tetapi kami sungguh-sungguh berkeinginan untuk melakukan perubahan secara bertahap.
            Dalam proses pembahasan sebab-sebab dan alternative penyelesaian atas pengaduan, kami juga mencatat adanya hal-hal yang berada diluar kewenangan dan kemampuan Puskesmas Baso yang turut menjadi penyebab masalah.
Untuk hal-hal yang diluar kewenangan dan kemampuan Puskesmas Baso tersebut, kami telah mengajukan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten agar memperoleh tanggapan. Kami berjanji untuk  mengumumkan kepada masyarakat jika tanggapan tersebut telah kami terima.
            Secara terbuka kami mengundang partisipasi masyarakat untuk terus mengawasi kinerja pelayanan kami dan segera memasukkan pengaduan (keluhan) ke Kotak Pengaduan yang tersedia atau langsung kepada Staf Unit Pengelola Pengaduan Masyarakat (UPPM). Terutama jika Janji Perbaikan Pelayanan yang kami sebut diatas belum kami penuhi.
            Kami sampaikan terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu/Saudara sekalian yang telah memberikan masukan melalui Survey Pengaduan Masyarakat yamg telah dilaksanakan dan mengharapkan pengawasan terus menerus demi perbaikan pelayanan ke masa yang akan datang.


                                                                                        Baso, 5 Mei 2012

Kami yang berjanji :                                                Saksi-saksi :
Kepala Pusekasmas Baso                                       1. Sekretaris Daerah Kabupaten Agam
           
           

Dr. FITRI YARTI                                                       SYAFIRMAN, SH
NIP. 19691112 200212 2002                                     NIP. 19580524 198611 1 001



Diketahui oleh:

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam             2. Ketua LSM/Tokoh Masyarakat



Dr. INDRA, MPPM
NIP. 19630821 198912 1 001

Tembusan disampaikan kepada Yth:
1.      Bapak Bupati Agam di Lubuk Basung
2.      Bapak Ketua DPRD Kabupaten Agam di Lubuk Basung
3.      Bapak/Ibu Camat se Kabupaten Agam
4.      Redaktur Padang Ekspres, Haluan, Singgalang di Padang
5.      Ketua LSM/Tokoh Masyarakat

1 komentar:

  1. Slot Machine by Push Gaming - Mapyro
    Slot Machine by Push 수원 출장마사지 Gaming. Description. This 삼척 출장샵 map was designed by 강원도 출장안마 developer Push Gaming 삼척 출장마사지 with a detailed 광양 출장샵 look at slot machines in North America. Read mapyro

    BalasHapus